Ini Penyebab Stang Motor Sering Bergetar

Stang Motor Bergetar


Ada beberapa faktor yang jadi penyebab stang motor sering bergetar atau tidak stabil. Salah satunya mungkin motor pernah jatuh atau sering melindas jalan berlubang yang cukup dalam. Untuk memastikan penyebab stang motor bergetar, tentu harus cek satu persatu barangkali ada beberapa bagian yang harus diperbaiki.

Beberapa cara dibawah ini bisa anda lakukan, guna mengetahui bagian mana yang membuat stang motor bergetar, tidak stabil dan terasa goyang.

1. Cek Kondisi Ban

Benjolan di ban bisa membuat motor tidak stabil saat dikendarai. Maka dari itu, periksa kondisi ban motor apakah rata atau tidak sisi-sisinya. Begitu juga tekanan angin, apakah sesuai dengan ukuran yang dianjurkan atau ternyata kurang angin bahkan bocor.

Jika terdapat benjolan akibat tambalan ban, segera ganti dengan yang baru, karena selain tidak nyaman dapat membahayakan saat dikendarai.

2. Cek Kondisi Pelek atau Velg

Pelek bengkok atau speleng dan retak, dapat membuat kendaraan terasa goyang saat dikendarai.

Lakukan dengan cara menggunakan standar berdiri, kemudian putar ban dan lihat gerakan roda, untuk melihat kondisi pelek.

Jika terlihat ada bagian yang goyang, berarti pelek ada yang bengkok, dan apabila pelek motor retak, segera ganti dengan velg yang baru. Bagi yang menggunakan pelek jari-jari, konsidi seperti itu masih bisa dilakukan penyetelan oleh ahlinya.

Ini penyebab stang motor sering bergetar, mungkin motor pernah jatuh atau sering melindas jalan berlubang.


3. Cek Laher atau Bearing Roda

Laher atau Bearing roda terdapat di bagian tengah dan berhubungan langsung dengan roda. Periksa laher roda apakah ada bantalan peluru yang pecah atau tidak. Jika rusak atau oblak harus segera diganti.

Cara memeriksa kondisi laher, goyangkan roda ke kiri dan ke kanan. Apabila terasa oblak, berarti laher atau bearing roda harus diganti.

Lihat Harga Laher Motor Depan dan Belakang

4. Komstir

Komstir berada di sumbu antara segitiga garpu depan dan rangka motor. Berfungsi memegang peranan dalam pengendalian. Usia pemakaian yang cukup lama, bisa mengakibatkan komstir terasa oblak, susah digerakkan, terasa kasar dan belok kurang.

Kerusakan komstir biasanya karena mangkuk-mangkuk dan bola-bola besi yang telah aus. Sebaiknya diganti dengan suku cadang baru, karena sangat penting dan bisa bertahan lama.

5. Shockbreaker atau Suspensi

Selain menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang, Shockbreaker atau suspensi juga berfungsi untuk meningkatkan daya cengkram roda terhadap jalan. Tabrakan atau bekas jatuh, biasanya yang membuat shockbreaker rusak, sehingga posisi shock tidak presisi atau lurus.

Penyebab lain bisa jadi akibat tidak solid atau terlalu rapat karet bantal shockbreaker.

Intip tentang Perbedaan Shock Teleskopik Dan Upside Down.

6. Segitiga Dudukan Stang

Periksa segitiga dudukan stang motor yang menghubungkan antara stang dengan shockbreaker. Biasanya sering terjadi karena tidak sejajar antara garpu kiri dan kanan.

Untuk mengetahui kondisi segitiga, bisa dilakukan dengan cara meluruskan di tempat yang rata atau datar, dan diukur menggunakan fuller. Apabila ternyata tidak sejajar, sebaiknya bawa ke tukang press untuk diperbaiki.

Dari keenam penyebab stang motor sering bergetar, biasanya hanya salah satu bagian saja yang bermasalah. Walaupun demikian, semoga penjelasan diatas berguna bagi siapa saja yang sedang mengalami stang motor tidak stabil.

Intip Juga

Terima Kasih Sudah Membaca Ini Penyebab Stang Motor Sering Bergetar

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »
Intip Harga
Intip Harga Updated at: Jumat, Februari 12, 2016